AyuWage Services - Get Paid to Visits Sites and Complete Surveys

Monday, October 15, 2012

Ischialgia


A.    Definisi Ischialgia
Ischialgia adalah istilah kedokteran untuk merujuk pada keadaan jaringan yang abnormal pada saraf ischiadicus. Hal ini dapat terjadi karena proses beberapa penyakit seperti trauma fisik, kimiawi, dan elektris, infeksi, masalah metabolisme, dan autoimun. Ischialgia meningkat frekuensinya seiring dengan banyaknya aktivitas yang dikerjakan. Orang awam pada umumnya menginterpretasikan ischialgia dengan rasa sakit dan nyeri pada pantat. Ischialgia merupakan keluhan yang sangat umum dan sangat sering terjadi, di keluhkan 4 dari 5 orang di Amerika Serikat, dan merupakan salah satu penyebab ketidakhadiran di tempat kerja. Kekerapannya diderita hanya dapat di tandingi oleh flu. Sisi baiknya, ischialgia sesungguhnya dapat di cegah. Seandainya pencegahan juga kurang berhasil, terapi atau latihan sederhana di rumah dan mekanisme tubuh yang baik akan memperbaiki dan mempertahankan fungsinya dalam waktu beberapa minggu. Operasi merupakan tindakan yang jarang dilakukan. Wanita memiliki angka prevalensi yang lebih tinggi terkena ischialgia dibandingkan dengan pria. Hal tersebut dikarenakan wanita memiliki aktivitas yang monoton dengan posisi yang statis, misalnya saja pada penggunaan sepatu dengan hak tinggi atau pada pedagang dengan kebiasaaan menggendong ( Kuntono, 2000).
Keluhan yang sering ditemukan dalam klinik antara lain : nyeri punggung bawah., nyeri daerah pantat, rasa kaku atau terik pada punggung bawah, nyeri yang menjalar atau seperti rasa kesetrum yang dirasakan dari pantat menjalar ke daerah paha, betis bahkan sampai kaki, tergantung bagian saraf mana yang terjepit. Selain itu dapat juga rasa nyeri ditimbulkan setelah melakukan aktifitas yang berlebihan, terutama banyak membungkukkan badan atau banyak berdiri dan berjalan, dan rasa nyeri juga sering diprovokasi karena mengangkat barang yang berat. Jika dibiarkan maka lama kelamaan akan mengakibatkan kelemahan anggota badan bawah atau tungkai bawah yang disertai dengan mengecilnya otot-otot tungkai bawah tersebut. (Kuntono, 2000)
B.     Gejala
Gejala yang sering ditimbulkan akibat Ischialgia adalah: Nyeri punggung bawah, Nyeri daerah bokong, Rasa kaku/ terik pada punggung bawah, Nyeri yang menjalar atau seperti rasa kestrum, yang dirasakan dari bokong menjalar ke daerah paha, betis bahkan sampai kaki, tergantung bagian saraf mana yang terjepit. Rasa nyeri sering ditimbulkan setelah melakukan aktifitas yang berlebihan, terutama banyak membungkukkan badan atau banyak berdiri dan berjalan. Rasa nyeri juga sering diprovokasi karena mengangkat barang yang berat. Jika dibiarkan maka lama kelamaan akan mengakibatkan kelemahan anggota badan bawah/ tungkai bawah yang disertai dengan mengecilnya otot-otot tungkai bawah tersebut.



C.    Penyebab
Pada beberapa orang, tidak ada penyebab yang bisa dikenali. Sebaliknya, penyebab tersebut kemungkinan sebuah piringan yang hernia, proyeksi tidak teratur pada tulang, atau pembengkakan disebabkan persendian yang keseleo. Jarang, spinal tenosis, penyakit paget, kerusakan syaraf disebabkan diabetes (diabetic neuropathy), sebuah tumor, atau gumpalan darah menyebabkan sciatica. Beberapa orang tampak mudah terkena sciatica.



D.    Pemeriksaan
Untuk mengetahui seorang pasien mengalami ischialgia atau tidak biasanya ahli fisioterapi memberikan beberapa tes salah satunya terapis mengagkat kaki yang mengalami nyeri jika nyeri dirasakan bertambah hebat pada sudut 60 – 70 derajat orang tersebut dikatakjan positif ischialgia. Tes ini disebut Straight Leg Rising. Dan masih ada tes tes yang lain bisa dikonsultasi dengan Kang Arjuno disini.
E.     Pandangan Agama Hindu tentang Ischialgia
Dalam agama Hindu dikenal sebuah ajaran tentang unsur pembentuk tubuh manusia yang disebut dengan Bhuana Alit. Bhuwana Alit berarti alam kecil atau dunia kecil, yaitu suatu istilah untuk menyebutkan bersemayamnya Sang Hyang Atma.
Yang termasuk Bhuwana Alit adalah tubuh manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan. Manusia adalah makhluk yang tertinggi karena manusia adalah makhluk yang berfikir, berbudaya dan memiliki Tri Pramana ( Bayu, sabda dan idep). Hewan memiliki dwi permana (bayu dan sabda) sedangkan tumbuhan memiliki eka pramana (bayu).
Bhuana Alit juga disebut Microcosmos. Tubuh manusia selalu mengalami perubahan (yang tidak kekal), tetapi atma yang menempati tubuh itu kekal.
Bhuwana Alit atau tubuh manusia, tumbuhan dan binatang ini terbentuknya sama seperti Bhuwang Agung yang pertemuan Purusa dan Prakerti.
1.      Purusa adalah unsur dasar yang bersifat kejiwaan.
2.      Prakerti adalah dasar yang bersifat kebendaan.
Unsur Purusa itu menjadi jiwatman, sedangkan unsur Prakerti menjadi badan manusia. Tri Antah Karana adalah merupakan alat batin manusia yang sangat menentukan watak/karakter seseorang. Tri Antah Karana yaitu :
1.      Buddhi fungsinya untuk menentukan keputusan (kebijaksanaan yang tertinggi).
2.      Manas fungsinya untuk berfikir.
3.      Ahamkara fungsinya untuk merasakan dan bertindak (sifat ego manusia).
Panca Tan Mantra menjadi indra penilai (Panca buddhindriya) yaitu :
1.      Sabda menjadi Srotendriya (indra yang terletak di telinga.
2.      Sparsa menjadi Twikindrya (indra yang terletak dikulit)
3.      Rupa menjadi Cakswindrya (indra yang terletak dimata)
4.      Rasa menjadi Jihwendriya (indra yang terletak pada lidah)
5.      Gadha menjadi Ghranendriya
Panca Tan Mantra berevolusi kemudian menjadi Panca Maha Bhuta. Panca Maha Bhuta menjadi unsur pembentuk tubuh manusia/jasmani manusia yaitu :
1.      Akasa menjadi rongga-rongga dalam tubuh serta rongga mulut, rongga hidung, rongga dada dan rongga perut.
2.      Bayu menjadi udara dalam badan yang juga disebut prana seperti pernafasan dan sebagainya.
3.      Teja menjadi panas dalam tubuh seperti suhu tubuh dan sebagainya
4.      Apah menjadi segala yang cair dalam tubuh seperti darah, keringat, ludah, air kencing dan sebagainya
5.      Prthiwi menjadi segala yang bersifat dalam tubuh seperti tulang, otot, daging dan sebagainya.
Ischialgia merupakan penyempitan pembuluh darah sciatic artinya dalam pandangan agama Hindu penyakit ini merupakan suatu gangguan yang terjadi pada unsur pembentuk tubuh yaitu Apah dan Prthiwi.
F.      Pandangan Adat-Istiadat tentang Ischialgia
Dalam makalah ini akan dibahas pandangan adat-istiadat suatu daerah yang bernama Sausu yang terletak di Kabupaten Parigi Moutong, Kecamatan Sausu. Masyarakat di Desa tersebut telah berkembang dan cukup maju namun masih terdapat beberapa yang menggantungkan penyembuhan suatu penyakit kepada pengobatan tradisional.
Ischialgia menimbulkan rasa nyeri pada punggung bagian bawah, Nyeri daerah bokong, Rasa kaku/ terik pada punggung bawah, Nyeri yang menjalar atau seperti rasa kestrum, yang dirasakan dari bokong menjalar ke daerah paha, betis bahkan sampai kaki. Rasa nyeri sering ditimbulkan setelah melakukan aktifitas sehingga masyarakat tersebut berpendapat bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh kekuatan gaib atau makhluk halus. Kemudian tindakan yang dilakukan oleh masyarakat setempat untuk penyembuhan penyakit ini yaitu dengan pergi ke paranormal atau dukun. Ada juga anggapan dari masyarakat di daerah tersebut bahwa penyakit ini disebabkan oleh ulah seseorang dengan menggunakan ilmu gaib.
G.    Pengobatan Ischialgia Secara Medis
Seringkali, nyeri tersebut hilang dengan sendirinya. Istirahat, tidur diatas kasur yang keras, menggunakan obat-obatan analgetik, NSAID, muscle relaxan, obat pemulihan saraf, dan mengompres panas dan dingin kemungkinan pengobatan yang cukup. Untuk banyak orang, tidur pada sisi mereka dengan lutut ditekuk dan sebuah bantal diantara lutut menghadirkan keringanan. Meluruskan otot yang lumpuh secara pelan-pelan setelah pemanansan bisa membantu. Peran fisioterapi pada kasus ischialgia ini dapat membantu meringankan nyeri yang dirasakan. Modalitas yang digunakan bisa efektif dengan heating yakni SWD (short Wave Diathermi),bisa juga ditambah TENS untuk membantu memblokir nyerinya. Operasi Disektomi: dilakukan pada kasus yang berat/ sangat mengganggu aktifitas dimana dengan obat-obatan dan program Rehabilitasi Medik tidak dapat membantu.
Pengobatan Akupuntur
Ischialgia adalah bentuk sakit punggung yang ditandai dengan memancarkan, membakar, atau perasaan sakit lewat belakang ke ekstremitas bawah. Dalam setiap pola nyeri, ada tahapan yang berbeda dari keparahan dan seperti linu panggul, diagnosis yang tadi masalah, maka lebih mudah dapat disembuhkan. Skiatik nyeri dapat sangat bervariasi dari ketidaknyamanan ringan sampai penderitaan ekstrim. Ada kesalahpahaman yang besar tentang linu panggul dan nyeri pinggang. Sebuah diagnosis yang salah dapat sangat memperlambat proses penyembuhan dan mengirimkan ke jalan yang salah pengobatan.
Self-diagnosis mungkin, namun, diagnosis dari seorang ahli masih disarankan karena jauh lebih akurat. Keuntungan dari mengetahui dengan pasti bahwa Anda memiliki pinggang akan membuat perawatan kurang rumit dan kurang berisiko. Skiatika membutuhkan perawatan yang tepat karena bisa memperburuk ketika mengikuti pendekatan yang tidak tepat. Biasanya saraf akan merosot dan menyebabkan gejala yang lebih parah tanpa pendekatan proaktif untuk perawatan.
Mengobati linu panggul dengan akupunktur sangat membantu karena benar-benar dapat meringankan rasa sakit dan peradangan dalam saraf sciatic. Ada titik-titik akupunktur yang tepat dalam kembali kita yang benar-benar dapat memicu saraf sciatic. Hal ini diyakini bahwa akupunktur adalah baik untuk mengobati berbagai jenis kondisi, termasuk cedera. Titik akupunktur berfungsi untuk menyeimbangkan energi fungsional kami, yang meningkatkan vitalitas kita. Akupunktur dapat mengobati kasus-kasus kecil sciatica dan cedera punggung lainnya. Selanjutnya, peradangan, mati rasa, dan nyeri juga bisa dikurangi dengan bantuan akupuntur. Hal ini sudah terbukti secara medis dapat efektif untuk mendorong vitalitas tubuh untuk dibebaskan dan untuk memperbaiki ketidakseimbangan dalam energi fungsional kami dan darah kita.



Ada berbagai jenis pengobatan untuk linu panggul saat ini. Ada pendekatan yang tepat untuk setiap bentuk linu panggul, tergantung pada keparahan atau tingkatan nyeri. Jika pasien mengalami linu panggul adalah tingkat tinggi rasa sakit, itu dianggap sebagai linu panggul akut dan intervensi yang lebih serius diperlukan. Menurut para ahli, manipulasi saraf adalah salah satu prosedur bedah yang dapat dilakukan dengan pasien sciatica akut. Namun, sangat berisiko untuk menjalani semacam pengobatan karena ada konsekuensi besar setiap kali gagal.
Ketika mengalami kembali ketidaknyamanan, Anda harus bertindak cepat, terutama bila linu panggul. Saraf di punggung kami sangat penting dan memainkan peran penting dalam rangka bagi kita untuk bergerak dan berfungsi dengan baik. Skiatika adalah berbeda dari nyeri punggung yang normal. Yang terbaik adalah untuk mendapatkan diagnosis dari dokter medis pertama sebelum mengejar perawatan seperti akupunktur. Setelah Anda memiliki diagnosis definitif, Anda dapat membiarkan ahli akupuntur anda tahu secara spesifik kondisi Anda yang akan sangat membantu mereka membuat rencana perawatan yang disesuaikan untuk kebutuhan Anda.
H.    Solusi Penanganannya
1.      Hindari banyak membungkukkan badan.
2.      Hindari sering mengangkat barang-barang berat.
3.      Segera istirahat jika telah merasakan nyeri saat berdiri atau berjalan.
4.      Saat duduk lama diusahakan kaki disila bergantian kanan dan kiri atau menggunakan kursi kecil untuk menumpu kedua kaki.
5.      Saat menyapu atau mengepel lantai pergunakan gagang sapu atau pel yang panjang, sehingga saat menyapu atau mengepel punggung tidak membungkuk.
6.      Jika hendak mengambil barang dilantai, usahakan punggung tetap lurus, tapi tekuk kedua lutut untuk menggapai barang tersebut.
7.      Lakukan Back Exercise secara rutin, untuk memperkuat otot-otot punggung sehingga mampu menyanggah tulang belakang secara baik dan maksimal.



PENUTUP
A.    Kesimpulan
Ischialgia yaitu suatu kondisi dimana Saraf Ischiadikus yang mempersarafi daerah bokong sampai kaki terjepit, dalam kasus itu yang terjepit adalah Saraf Ischiadikus sebelah kanan ataupun sebelah kiri yang menimbulkan rasa nyeri.
Ischialgia disebabkan oleh proyeksi tidak teratur pada tulang, atau pembengkakan disebabkan persendian yang keseleo.
Menurut pandangan agama Hindu Ischialgia merupakan gangguan yang terjadi pada unsur pembentuk tubuh manusia yaitu apah dan prthiwi. Kemudian terdapat sebuah daerah memandang bahwa ischialgia merupakan penyakit yang disebabkan oleh makhluk halus atau ulah manusia dengan menggunakan kekuatan gaib.
Ischialgia dapat disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan seperti analgetik.
B.     Saran
Untuk para masyarakat jika terkena suatu penyakit sebaiknya terlebih dahulu dibawa ke rumah sakit atau puskesmas terdekat. Jangan langsung beranggapan bahwa suatu penyakit itu disebabkan oleh makhluk halus.



DAFTAR PUSTAKA


5 comments:

  1. apa obat yang tepat untuk penyembuhan penyakit ini? saya sdh lebih dari 6 bulan menderita penyakit ini, namun belum juga sembuh..tolong info nya..terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mediplants Antisciatica berkhasiat untuk : mengatasi syaraf kejepit, meredakan nyeri pinggang, otot dan syaraf, mengatasi sakit urat belikat. Dosis penggunaan : 3 x 2 kapsul / hari. DEPKES RI : 26.IKOT/05/0000000/SUDINKES/1/10. Harga per botol Rp. 189.500,- (30 caps). Paket 3 botol hanya Rp. 545.000,-. Harga belum termasuk bea kirim. Pemesanan hub : WA / SMS : 085691091009. Pin BB : d30f9093.

      Delete
  2. Iya nih banyak dan panjang tapi gk dikasih tau obatnya apa...cape baca doang tp gk tau obatnya apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mediplants Antisciatica berkhasiat untuk : mengatasi syaraf kejepit, meredakan nyeri pinggang, otot dan syaraf, mengatasi sakit urat belikat. Dosis penggunaan : 3 x 2 kapsul / hari. DEPKES RI : 26.IKOT/05/0000000/SUDINKES/1/10. Harga per botol Rp. 189.500,- (30 caps). Paket 3 botol hanya Rp. 545.000,-. Harga belum termasuk bea kirim. Pemesanan hub : WA / SMS : 085691091009. Pin BB : d30f9093.

      Delete
  3. Iya nih banyak dan panjang tapi gk dikasih tau obatnya apa...cape baca doang tp gk tau obatnya apa

    ReplyDelete